PKM DESA BONTOKASSI DAN KADER KESEHATAN LAKUKAN PENYULUHAN PHBS DAN KAMPANYE HIGIENE SANITASI DI SEKOLAH

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Ada beberapa indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu :

1. Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun
2. Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah
3. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat
4. Olahraga yang teratur dan terukur
5. Memberantas jentik nyamuk
6. Tidak merokok di sekolah
7. Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan
8. Membuang sampah pada tempatnya
PKM Desa Bontokassi bersama Kader Kesehatan Melakukan Penyuluhan PHBS dan Kampanye Higiene Sanitasi di SD Neg. 78 Balang (Jum'at/ 16 Oktober 2020). 
 
Reski (Kader Kesehatan) mengungkapkan bahwa kemampuan masyarakat untuk mengenal dan tahu masalah kesehatan terutama pada tingkatan rumah tangga merupakan awal untuk memperbaiki pola dan gaya hidup agar lebih sehat.
 
Munculnya sebagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah (usia 6-10), ternyata umumnya berkaitan dengan PHBS. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai PHBS disekolah merupakan kebutuhan mutlak dan dapat dilakukan melalui pedekatan usaha kesehatan Sekolah (UKS)

Nur Alam S.Kep (Kader Kesehatan) Melakukan Pemeriksaan Kesehatan
 
"Selain mensosialisasikan PHBS kami juga melakukan pengecekan kesehatan secala rutin kepada warga karna saat ini kami sudah dibekali Alat Kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah Desa" Ujar Nur Alam S.Kep (Kader Kesehatan)
 
Dimasa pandemi covid-19 memang membawa berbagai perubahan dalam hidup manusia. Mulai dari aktivitas seperti bekerja maupun kegiatan belajar yang dilakukan di rumah, sejumlah rencana yang akhirnya harus dibatalkan, hingga perubahan pola dan gaya hidup dengan lebih memprioritaskan kesehatan. 

Penulis : Daeng Laja'


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARANG TARUNA INDONESIA (KTI) PATTINGALLOANG DESA BONTOKASSI GELAR BAKTI SOSIAL

PEMERINTAH DESA BONTOKASSI KEMBALI SALURKAN BLT DANA DESA TAHAP KELIMA BAGI WARGA YG TERKENA DAMPAK COVID-19

PEMERINTAH DESA BONTOKASSI DAN PUSKESMAS DESA BONTOKASSI LAKSANAKAN VAKSINASI MASSAL